Rapat MKKS SMKN Se-Pulau Lombok

RAPAT KOORDINASI MKKS SMKN SE-PULAU LOMBOK DI  SMKN 1 BATUKLIANG UTARA LOMBOK TENGAH BERLANGSUNG MERIAH

Oleh : Akhmad Husni, S.Pd.,MM.

 

Rapat Koordinasi SMK Negeri Se-Pulau Lombok di SMKN 1 Batukliang Utara, pada hari Senin, 28 Desember 2020, berlangsung meriah. Betapa tidak, karena acara tersebut telah dipersiapkan secara matang oleh tuan rumahnya Pengurus MKKS SMK Lombok Tengah, beserta Keluarga Besar SMKN 1 Batukliang Utara selaku Sekolah-Tempat pelaksanaannya.

Pada hari pelaksanaan tersebut, para tamu Undangan disambut dengan ramah dan hangat. Hal ini ditunjukkan dengan telah disiapkannya petugas penyambut tamu oleh panitia yang dipilih dari peserta didik SMKN 1 Batukliang Utara. Tidak itu saja, Panitia juga menyiapkan MC dari Peserta Didik, Dirigen Lagu Indonesia Raya dari Guru, serta petugas lainnya.

Acara tersebut semakin meriah dan benar-benar menyejukkan hati, dengan disediakannya Entertainment, berupa musik tunggal, tersedianya pojok-pojok Selfie yang dibuat oleh Tim Creator dan Inovasi SMKN 1 Batukliang Utara. Kelengkapan itu menjadikan acara tersebut meriah, bersahabat dan rileks. Ditambah lagi dengan hidangan makanan ringan yang disuguhkan saat semua peserta tiba di lokasi, yang mana camilan atau makanan ringan itu sesuai dengan selera semua peserta rakor.

Acara tersebut dimulai jam 09.00 WITA setelah peserta (Kepala SMKN Se-Pulau Lombok) hadir di lokasi, serta Rapat Koordinasi itu dibuka oleh Bapak Sekretaris Dinas Dikbud NTB (Bapak DR.H. MUHTADI HAIRI, M.Pd).  Saat acara Pembukaan tersebut Bapak Sekdis Dikbud didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK (Bapak Drs. Muhammad Yahya, M.Pd), serta Bapak Kepala Seksi Peserta Didik dan Kurikulum ( Bapak Drs. H. Makbul, M.Pd).

Rapat Koordinasi itu berlangsung dalam 2 (dua) sesi. Sesi pertama dengan acaranya pembukaan yang diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Ustadz Ilham (Qori: Tuna Netra Tingkat Nasional),  dilanjutkan dengan arahan, motivasi serta bimbingan oleh Bapak Sekretaris Dinas DIKBUD NTB, dan informasi peting dari Kepala Bidang Pembinaan SMK. Selanjutnya cara pembukaan diakhiri Do’a oleh Bapak Hamdan, M.Pd.I (kepala SMKN 1 Pringgarata).

Jeda waktu antar sesi diisi hiburan,  dan ISOMA (Istirahat, Sholat dan Makan). Fasilitas  Ibadah juga telah disipkan Panitia,  yaitu Musholla BAITUL QURRO’ SMKN 1 Batukliang Utara. Secara bergantian semua peserta Rakor dalam menjalankan Ibadah Sholat Dzuhur secara berjama’ah. Secara berurutan Panitia pun telah menyiapkan hidangan santap siang dengan menu yang sangat sesuai dengan selera lidah semua peserta, sehingga hidangan yang disediakan benar-benar mengenyangkan dan memuaskan.

Setelah waktu ISOMA, semua Peserta kembali ke tempat pertemuan sambil mengambil sendiri makan ringan, kopi di stand Kosumsi samping lokasi pertemuan, sehingga peserta dapat menikmati camilan/ makanan ringan saat menerima arahan, petunjuk dan bimbingan dari pejabat-Pejabat Dinas  dari meja pimpinan Rapat.

Sesi Kedua Rakor tersebut, secara berturut-turut  diisi dengan Tanya Jawab antar peserta dengan pimpinan rapat serta narasumber,  selanjutnya  acara Arahan, Bimbingan, Motivasi, Petunjuk dari Kepala Dinas DIKBUD NTB (Bapak DR. H. AIDY FURQAN, M.Pd), Bimbingan dari semua Kepala –Kepala Bidang Dinas DIkbud NTB, yaitu Kepala Bidang PSMK, Kepala Bidang Kebudayaan, kepala Bidang PKTP (Pembinaan Ketenagaan dan Tugas Pembantuan) yang dulunya Bidang ini bernama Bidang GTK , dan terakhir dari Kepala Bidang BPTP.

Beberapa acara yang  menjadi Agenda dalam Rapat Koordinasi MKKS SMKN Se-Pulau Lombok ini, yaitu ; Informasi AN (Assesment Nasional), PRAKERIN/PKL, SMK BLUD (oleh kepala SMKN 3 Mataram, Bapak Rujuk Rahmat, ST), OMBUSDMAN, kebudayaan, ketenagaan, Informasi Publik, pembelajaran Tatap Muka model Shift dan Blok, Dharma Wanita, dan lainnya. Dalam acara-acara tersebut dipandu oleh Bapak KCD DIKBUD Loteng (Drs.H. Abd. Sattar, M.Pd) yang bertindak selaku Moderator, dan Ketua MKKS SMK Provinsi NTB (Akhirman Bakri, SP.,M.Pd, Kepala SMKN 2 Praya Tengah).

Akhirnya dengan berusyukur dan berserah kepada Allah SWT kami mengucapan: Alhamdulillah wa Syukru Lillah, semua acara dapat berlangsung lancar, meriah dan mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *