Penilaian Akhir Semester

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SMKN 1 BATUKLIANG UTARA

Oleh : Akhmad Husni, S.Pd.,MM.

SMK Negeri 1 Batukliang Utara sebagai Lembaga Pendidikan formal pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, melaksanakaan kegiatan Ujian akhir semester ganjil, mulai tanggal 1 samapai dengan tanggal 12 Desember 2020. Waktu Pelaksanaan penilaian ini berdasarkan Kalender Pendidikan yang telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, selaku Instansi atasannya. Penilaian atau evaluasi ini disebut PENILAIAN AKHIR SEMESTER yang disingkat PAS. Istilah penilaian ini telah berubah mengikuti perkembangan dan focus pada hal yang akan dinilai atau diukur.

Mengutip penjelasan Bapak Kepala Dinas DIKBUD NTB, Bpak .Dr.H. Aidy Furqan, M.Pd, dalam Rapat Koordinasi Kegiatan Pembangunan RPS DAK Sub Bidang SMK 2020 Se-Prov. NTB, tgl. 23-25 November 2020 di Hotel  Grand Legi Mataram, kurang lebih dapat ditangkap sebagai berikut :  Istilah atau nama penilaian saat ini adalah AN yang awalnya bernama AKM (Assesmant Kompetensi Minimal), dimana istilah-istilah tersebut dari beberapa nama bentuk penilian yang telah dikenal yaitu dari TEST yaitu sebuah Instrumen dari Penilian, selanjutnya ada MEISUREMENT yaitu Pengukuran yang lebih kepada nilai valid fisik/kuantitatif dari suatu benda/barang, selanjutnya ada istilah EVALUASI dan PENILAIAN.  Perubahan Istilah AKM menjadi AN, sebagai hasil analisis sasaran penilian yang dilakukan, yang mana AKM, masih mengukur hanya pada bidang Kognitif dan Psikomotor saja, namun dengan AN ketiga ranah penilaian akan dapat terukur, dari Kognitif (Pengetahuan) Psikomotor (Keterampilan), maupun Apektif (Sikap), sehingga dalam AN ada bentuk penilain Survey, untuk penilaian karakter atau kepribadian.

Penilian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 1 Batukliang Utara, berjalan lancar. Penilian dilakukan dalam bentuk LURING (Luar Jaringan), sehingga semua peserta didik masuk dengan model SHIFT dan BLOK. Ujian berentuk tertulis untuk mata pelajaran Normatif dan adaptif, sedangkan untuk mata pelajaran Produktif berbentuk praktek. Mata pelajaran setiap hari terdiri dari dua mata ujian sehingga waktu pelaksanaan dimulai dari jam 07.30 dan berakhir jam 13.30 wita pada Shif kedua. Jumlah  peserta Ujian setiap kelasnya diatur max.18 orang dengan jarak 1 meter. Sesuai aturan Protokol kesehatan masa Covid 19.

 

Pelaksanaan Ujian setiap paginya, diawali dengan  persiapan peserta didik di luar kelas, yaitu pengukuran suhu badan semua peserta didik di pintu gerbang dengan alat THERMOGUN, selanjutnya mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang telah disediakan serta berbaris di halaman dengan jarak 1 meter, dan dilanjutkan dengan kegiatan Do’a Bersama dan Muroja’ah Tahfidz.

Harapan kami semoga kegiatan PAS dapat berjalan lancar tanpa kendala serta tetap sehat, terhindar dari Covid 19, sehingga pada tanggal 18 Desember 2020, nantinya hasil PAS ini dapat dibagikan kepada semua peserta didik dalam Raportnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *