Menyapa Dengan Hati

KEGIATAN MENYAPA DENGAN HATI

DI SMKN 1 BATUKLIANG UTARA

Oleh : Akhmad Husni, S.Pd.,MM.

 

Kegiatan Pembelajaran pada semester Genap Tahun pelajaran 2020-2021 di SMK Negeri 1 Batukliang Utara, telah dimulai sejak hari Senin 4 Januari 2021. Pelaksanaan pembelajaran masih dengan menggunakan system Shift dan Blok serta memenuhi protocol kesehatan Covid-19.

Ada satu kegiatan baru yang dilaksanakan dalam pembelajaran semester genap ini, yaitu dilaksanakannya “Kegiatan Menyapa dengan Hati”. Kegiatan ini diterapkan dengan aplikasi 3S (Salam, Sapa, dan Senyum).  Dalam prakteknya, kegiatan ini adalah merupakan rangkaian kegiatan penyambutan peserta didik di sekolah pada setiap pagi harinya oleh Pengurus OSIS bersama Bapak dan Ibu Guru di pintu gerbang sekolah. Saat tersebut, pengurus OSIS menyambut semua peserta didik yang tiba di sekolah dengan diawali dengan sebuah Ucapan Salam, “ Assalamualaikum”, selanjutnya menyapa, dengan menanyakan kabar, serta dalam sambutan tersebut tidak lupa menebarkan senyum ikhlas kepada sesamanya. Penyambutan ini menciptakan suasana adem, damai, dan menyejukkan hati semua warga sekolah yang hadir di sekolah, sehingga menumbuhkan rasa damai berada di sekolah, membangkitkan motivasi, serta mempererat rasa kekeluargaan.

Penyambutan ini dilakukan dari jam 06.30 sampai dengan jam 07.15 wita setiap harinya, dengan urutan proses aksinya, setelah disambut dengan salam, sapa dan senyum, setiap peserta didik masuk lingkungan sekolah, yang diawali dengan pengukuran suhu tubuh oleh petugas dengan Thermogun, kemudian mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang telah disediakan,  serta menuju ke lapangan untuk berbaris dengan berjarak sesuai ketentuan untuk melakukan Do’a bersama dan Murojaah Hafalan – sesuai Jadwal Tahfidz yang telah ditetapkan. Dan tidak lupa pula para Pendidik yang ada di sekolah, saat itu mengingatkan akan kerapian berpakaian dan kedisiplinan  sesuai Tata Tertib sekolah yang berlaku.

Kegiatan Menyapa dengan hati ini, memerlukan waktu yang sangat singkat pada setiap paginya, namun telah menunjukkan peningkatan perubahan situasi dan kondisi pergaulan antar warga sekolah yang penuh dengan rasa persaudaraan. Kegiatan ini sebagai salah satu pengejewantahan dari program Dikbud NTB,  yaitu Pendidikan yang Membanggakan dengan teknik The Power of Four P (Profile, Penampilan, Pelayanan, dan Prestasi), menuju NTB Gemilang -Indonesia Maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *