DHARMA WANITA SEBAGAI PENYEIMBANG PROGRAM KEGIATAN

SMKN 1 BATUKLIANG UTARA

Oleh : Akhmad Husni, S.Pd.,MM.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan bagian dari personil sekolah yang memiliki peranan penting dalam pengelolaan manajemen sekolah, walaupun secara tidak langsung secara aktif berada di sekolah. Peran serta Dharma Wanita sekolah menjadi motivator dalam keberlangsungan dan perkembangan pengelolaan sekolah. Sehingga Dharma Wanita disebut sebagai actor behind the screen. Istilah tersebut diartikan untuk hal yang positif sehingga existensinya memang diperlukan, sebagai penyeimbang, penyelaras, dan penyemangat aktivitas pengelolaan manajemen sekolah.

Dharma Wanita SMK Negeri 1 Batukliang Utara yang beranggotakan istri-istri pegawai negeri serta ibu-ibu guru dengan status ASN, sehingga berjumlah 9 orang, yang kepengurusannya telah terbentuk  tanggal 20 November 2020, sebagai berikut : Ketua Ny. Baiq Mistarina Lia Wirdayanti Husni, Sekretaris Ny. Baiq Suriani Ehsan, Bendahara Ny. Husnitalia Mayantika, dengan anggota-anggota : Ny. Sahmin Sadrin, Ny. Mariatun Sholihah Supardin, Ny Ernawati Mubdimin, Ny. Nurjannah Bukri, Ny. Hj. Nurul Hidayah, dan Ny. Hikmayatul Hayati Muksin.

Ibu-ibu Dharma Wanita pada SMK Negeri 1 Batukliang Utara, sebagai pendamping tugas suami, tampil dengan beberapa potensi yang dimiliki, mengingat ibu-ibu Dharma Wanita ini memiliki profesi selain sebagai ibu rumah tangga, juga memiliki beberapa profesi diantara sebgai guru, sebagai Tenaga Kesehatan dan lainnya. Adapun tingkat pendidikan anggota Dharma Wanita SMK Negeri 1 Batukliang Utara, adalah rata-rata Sarjana, sehingga komunikasi sesamanya dapat berjalan lancar.

Dalam rapat perdananya, pada hari Sabtu, 28 November 2020, di ruang Rapat Tim BOS SMKN 1 Batukliang Utara, dengan agenda Pembahasan Keorganisasian Dharma Wanita, serta program kerja, yang akan dilaksanakan selama satu tahun ini. Dalam program kerjanya, ditetapkan beberapa kegiatan, diataranya; Kegiatan rutin kerohanian/Keagamaan (berupa pengajian, diskusi kajian agama, Mentor belajar Al-Qur’an), Kegiatan sosial kemanusiaan, dan Kegiatan keterampilan yang mendukung program sekolah pada Core. Pertanian, seperti pembibitan, dan beberapa kegiatan pertanian lainnya). Pertemua rutin direncanakan sebualan sekali, dan dimungkinkan juga ada pertemuan-pertemuan insidentil jika diperlukan.

Adapun rincian hasil pertemuan DWP pertama: Hari Sabtu, sebagai berikut ; pertemuan rutin akan dilaksanakan pada Pekan kedua tiap bulan, dan untuk pertemuan kedua akan dilaksanakan hari Sabtu, tgl 12 Desember 2020, pukul 09.00, lokasi: SMKN 1 Batukliang Utara sedangkan untuk program yg akan dilaksanakan : 1.Arisan, 2.Pengumpulan dana kas umum, 3.pembuatan seragam DWP, 4.pengajian, 5.bercocok tanam, 6.sanitasi tempat wisata, 7.pelatihan keterampilan, 8.sharing parenting, 9.donor darah, 10.koperasi, 11.wisata,12.penyesuaian kegiatan dari DWP kabupaten dan provinsi.